Pulsar 220: Kaya Fitur, Harga “Murah”


BOGOR – PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) optimis Pulsar 220 bisa bersaing di segmen premium sepeda motor nasional menghadapi kompetitornya, Honda Tiger dan Yamaha Scorpio. Senjata utamanya, produk kaya fitur dengan harga terpaut hingga Rp6 jutaan dari rival-dibandrol Rp18,6 juta-on the road Jakarta.

Disebut kaya fitur, karena Pulsar 220 ditawarkan dengan berbagai bekalan yang baru, beberapa bahkan belum ditemukan pada sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia. Misalnya, pada bagian panel instrumen yang mengombinasikan tampilan analog (tachometer) dan digital (spedometer), terdapat berbagai informasi yang ditampilkan. Mulai dari dua- trip meter, indikator bensin, kecepatan, saringan udara, suhu oli, volume oli dan baterai.

Masih di panel instrumen, untuk keamanan ada indikator standar samping yang menyala jika belum ditekuk ke dalam (saat berkendara). Trus, lampu sein-nya punya sensor otomatis yang bisa mati setelah kita selesai membelokkan stang, mirip fitur yang ada pada mobil. Kelebihan lain yang ditawarkan Pulsar 220 yakni, lampu utama (headlights) bergaya proyektor mirip yang ada para mobil-mobil mewah keluaran masa kini.

Berbagai fitur yang coba ditawarkan Pulsar 220 terbilang baru dan patut diacungi jempol. Perusahaan berani menawarkan sesuatu yang lebih dari produk lain yang sudah dipasarkan di Indonesia. “Kami selalu memberikan nilai tambah lebih dari sebuah produk. Bagi kami bandrol yang ada di Pulsar 220 merupakan harga paling pas untuk sebuah sepeda motor sport, jangan lebih mahal atau lebih murah,” beber Wakil Presiden Direktur BAI Dinesh Kulkarni.

Dengan berbagai fitur baru yang ditawarkan Pulsar 220, masih ada sedikit kekurangan yang mungkin perlu menjadi pertimbangan pabrikan, yakni tak adanya starter kaki (kick-starter). Hampir semua sepeda motor sport di Indonesia menggunakannya dan konsumen Indonesia sudah terbiasa dengan hal itu.

Tanpa adanya kick-starter, artinya pengendara harus lebih ekstra memperhatikan daya baterai, karena kalau soak, harus siap-siap dorong. Untuk mengetahui lebih lengkap Pulsar 220, berikut spesifikasi lengkapnya:

Mesin
Tipe Single silinder, 4 stroke, air cooled
Bore x Stroke: 67×62,4 mm
displacement (cc): 220
valve per cylinder: 2
Fuelling: Karburator-UCAL UCD 32
Rasio kompresi: 9,5 (+- 0,5) : 1
Tenaga maksimum: 21,04 PS @ 8.500 rpm
Torsi maksimum: 19,12 Nm @ 7.000 rpm
Transmisi
Kopling basah multi-plate
Jumlah gigi: 5
Pola perpindahan gigi: 1 (up), 2,3,4 dan 5 (down)
Primary reduction: 3.47 (66/19)
Final reduction: 2.571 (36/14)
Sasis
Tipe: Double cradle down tube
Suspensi depan: Telescopic 130 mm
Suspensi belakang: Nitrox, rear wheel travel 90 mm
Rem depan: Disc, 260 mm
Rem belakang: Disc, 230 mm
Ban depan: 90/90×17″ (soft compound tubeless)
Ban belakang: 120/80×17″ (soft compound tubeless)
Fuel tank capacity: 15 liter full, 3,2 liter reserve, 2,2 liter usable
Dimensi
Panjang: 2.035 mm
Lebar: 750 mm
Tinggi: 1.165 mm
Jarak sumbu roda (wheel base): 1.350 mm
Ground clearance: 165 mm
Saddle height: 795 mm
Berat: 150 kg
Sistem Elektrik
Battery: 12 v, 9 Ah
Headlamp: Projector lamp 55w (low), Ellipsoidal lamp 55w (high)
Tail/stop lamp: LED type


otomotif.kompas.com/agung kurniawan

About these ads

About agunkurniawan

Arsip Tulisan Industri Otomotif-UnEdit Version View all posts by agunkurniawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: